seputar informasi ke BPJS an

Kamis, 16 Juni 2016

Tetap sehat dan bugar selama puasa


Tetap sehat dan bugar selama puasa
Berniat puasa sejak malam



http://infobpjsku.blogspot.co.id/




Tak mudah mengikuti seperti apa yang diberikan dan disampaikan oleh Rasul SAW. Sebab, beliau adalah teladan terbaik bagi seluruh umat manusia. Beliau adalah pemimpin yang tak ada bandingannya di dunia ini. Banyak orang mengakui keagungan dan kehebatan Rasulullah. Beliau adalah contoh bagi orang kaya (ghoniyyun) dalam kedermawanannya, beliau adalah contoh bagi orang miskin dalam kesederhanaan dan kezuhudannya pada kehidupan sehari-harinya, dan Rasulullah SAW adalah teladan bagi pemimpin dalam ketegasan dan kebijaksanaannya.
Sebagai umat Islam, kita semua tentu bercita-cita bisa beribadah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Shalat seperti yang dicontohkan Rasul, makan, minum, tersenyum, dan amal ibadah lainnya seperti yang diajarkan Rasulullah SAW.

Dalam Alquran, Allah memuji Rasulullah SAW sebagai suri teladan yang baik bagi umat.

 "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."
 (QS al-Ahzab [33]: 21). 

Hal ini menunjukkan bahwa akhlak dan pribadinya sangat baik dan mulia.

Bahkan, dalam salah satu hadist yang diriwayatkan dari Aisyah RA dinyatakan bahwa akhlak Rasulullah SAW itu senantiasa merujuk pada Al-quran. Karena itu, sudah selayaknya umat Islam mencontoh dan meneladani kepribadian Rasulullah SAW dalam segala hal, termasuk puasa. Berikut beberapa cara yang biasa dilakukan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa dan menghidupkan Ramadhan.

Berniat puasa sejak malam

Diriwayatkan dari Hafsah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: 

"Barang siapa yang tidak berniat untuk puasa Ramadhan sejak malam, maka tak ada puasa baginya." 
(HR Abu Dawud).



Mengawali dengan sahur

Setiap besoknya akan berpuasa, Rasul SAW selalu makan sahur dengan mengakhirkannya, yakni menjelang datangnya waktu imsak.



Menyegerakan berbuka dan shalat

Dan ketika berbuka, Rasul SAW hanya memakan tiga biji kurma dan segelas air putih, lalu segera berwudhu untuk mengerjakan shalat Maghrib secara berjamaah.

Dari Abu 'Athiyah RA, dia berkata, 
"Saya bersama Masruq datang kepada Aisyah RA. Kemudian Masruq berkata kepadanya, "Ada dua sahabat Nabi Muhammad SAW yang masing-masing ingin mengejar kebaikan, dan salah seorang dari keduanya itu segera mengerjakan shalat Maghrib dan kemudian berbuka. Sedangkan yang seorang lagi, berbuka dulu baru kemudian mengerjakan shalat Maghrib." Aisyah bertanya, "Siapakah yang segera mengerjakan shalat Maghrib dan berbuka?" Masruq menjawab, "Abdullah bin Mas'ud." Kemudian Aisyah berkata, "Demikianlah yang diperbuat oleh Rasulullah SAW."
 (HR Muslim No 1242).

seperti kita ketahui saat berpuasa setiap orang identik dengan kata lemas dan tidak bersemangat. Bagi seseorang yang tidak memiliki kegiatan, mungkin mereka dapat bermalas-malasan atau bisa tidur di rumah agar tidak terasa berat. Lantas bagaimana jika seseorang tersebut memiliki segudang aktifitas yang dapat menguras tenaga setiap harinya? Tentu sangatlah berat, tapi jangan khawatir, ada beberapa tips tetap sehat dan bugar saat berpuasa yang bisa anda coba. Berikut diantara tips-tipsnya.


Hindari Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat lapar melanda sebelum buka puasa pastinya setiap orang ingin mengonsumsi sebanyak-banyaknya makanan saat berbuka. Namun sebaiknya Anda mengurungkan niat yang satu ini. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan yang berlebihan dapat membuat perut menjadi begah. Sebelum mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan makanan seperti sup, salad atau makanan ringan sehat lainnya.

Mengonsumsi Protein dan Makanan Berserat

Sebelum memulai puasa setiap orang pastinya akan melakukan sahur. Pada saat sahur pastikan anda mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga protein. Serat berguna untuk melancarkan pencernaan anda setiap harinya. Sehingga tidak ada sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Makanan yang kaya akan serat adalah sayuran, buah dan biji-bijian. Sedangkan protein anda dapat menemukan kebutuhan itu dalam telur, kacang-kacangan, yogurt dan juga keju.

Hindari Camilan atau Kue Berkalori Tinggi

Seperti yang Anda ketahui bulan Ramadhan adalah waktu terbanyak tersedia berbagai macam camilan atau kue. Namun sebaiknya Anda mengurangi hal-hal tersebut karena dapat membuat berat badan semakin naik. Jika Anda ingin ngemil, pilihlah camilan sehat yang rendah akan kalori seperti kurma atau kacang almond.

Olahraga Ringan Setelah Berbuka Puasa

Berolahraga setelah berbuka puasa adalah hal sangat dianjurkan. Karena hal ini dapat menjaga berat badan Anda. Tak hanya itu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah. Olahraga yang tepat dilakukan setelah buka puasa adalah olahraga ringan seperti peregangan otot ataupun jalan kaki saat akan menunaikan ibadah sholat di masjid.
Memberbanyak ibadah.

ALAMAT & NO TELP RS LAINNYA:
>> RS SOLO

Selain itu selama bulan Ramadhan, Rasul SAW senantiasa memperbanyak amalan, seperti shalat malam, tadarus Alquran, zikir, tasbih, dan sedekah.

Iktikaf

Memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, Rasul SAW meningkatkan aktivitas ibadahnya, terutama dengan iktikaf.
Demikian semoga manfaat, Amin.

Tetap sehat dan bugar selama puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aan kurniawan

0 komentar:

Posting Komentar